Macam Macam Tips Trik

Macam Macam Tips Trik

Popular Posts

Blog Archive

Popular



Display Pagerank smadav antivirus indonesia 100 Blog Indonesia Terbaik
eXTReMe Tracker

Jumat, 07 Mei 2010

Manfaat / Khasiat Lidah Buaya

Pola hidup dengan trend pada makanan kesehatan menyebabkan banyak orang mengkonsumsi makanan kesehatan dalam berbagai macam bentuk produk yang meliputi makanan, minuman instan, juice dan kapsul. Ketergantungan pada suplemen untuk meningkatkan ketahan tubuh, mencegah terhadap penyakit dan mengurangi penderitaan penyakit tertentu menjadi kebiasaan masyarakat sekarang dengan mengkonsumsi makanan kesehatan. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat, suplemen, kesehatan tubuh adalah lidah buaya.

Pemanfaatan daun lidah buaya dapat berfungsi sebagai
anti inflamansi, antijamur, antibakteri dan regenerasi sel, untuk mengontrol tekanan darah, menstimuli kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV. Penggunaannya dapat berupa gel dalam bentuk segar atau dalam bentuk bahan jadi seperti kapsul, jus, makanan dan minuman kesehatan.

Khasiat yang tersimpan dari lidah buaya untuk pembersih darah, penurun panas, obat wasir, batuk rejan dan mempercepat penyembuhan luka. Sejumlah nutrisi yang bermanfaat terkandung di dalam lidah buaya, berupa bahan organik dan anorganik, di antaranya vitamin, mineral, beberapa asam amino, serta enzim yang diperlukan tubuh.

Selama ini produk lidah buaya sebagian besar masih dijual dalam bentuk pelepah segar dengan harga Rp. 800 – 1.000/kg dan dalam bentuk olahan yang sangat sederhana dengan volume yang masih sangat rendah. Produksi lidah buaya segar tidak sebanding keperluan pasar, sehingga banyak lidah buaya yang tidak termanfaatkan.

Dengan perbandingan yang cukup besar antara pelepah lidah buaya dengan tepung yang dihasilkan (±200:1) maka diperkirakan akan dapat menampung lidah buaya di petani. Oleh karenanya untuk meningkatkan pendapatan petani, produk-produk yang dipasarkan dapat dimungkinkan dalam bentuk olahan. Pasar merupakan komponen terpenting dalam pengembangan suatu komoditas. Tidak sedikit produk turunan yang dapat diolah dari lidah buaya, dari yang sederhana seperti juice, gel, koktail sampai yang memerlukan teknologi/alsin dan investasi yang tinggi, seperti tepung.

Selamat Mencoba...

Sumber: Departemen Pertanian

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas arfi sy yani di bekasi, sy mw tau dimana sy bisa membeli daun lidah buaya segardi daerah jakarta atau bekasi. trims...bls ke email sy :

yani_bebygirls@yahoo.co.id

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Dilarang membuat SPAM atau komentar anda akan dihapus. Terima Kasih Teman..

Followers

Recent Posts

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Download